Jumat, 14 Juni 2013

TUGAS GIS

Pengertian GIS
Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum Sistem Informasi Geografis dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, managemen, analisis dan representasi data. Untuk dapat melakukan komunikasi dengan komponen yang berbeda-beda di lingkungan web maka dibutuhkan sebuah web server. Karena standart dari geo data berbeda beda dan sangat spesifik maka pengembangan arsitektur system mengikuti arsitektur ‘Client Server’..

CONTOH WEB




Teknologi yang digunakan :
Fitur-fitur yang disajikan dalam WEB GIS ini adalah :

  • Mampu menampilkan data dengan tools : Google Earth & ArcGIS Server.
  • WEB GIS ini memberikan berita mengenai perpindahan ikan dari suatu tempat ke tempat yang lainnya sesuai dengan kondisi alam disekitarnya


Bahasa Pemrogaman :
pembuatan website sepertinya menggunakan aspx

Aplikasi MOBILE GIS

1. Supergeo
URL : http://www.supergeotek.com/products_MobileGIS.aspx

Teknologi yang digunakan :
Fitur-fitur yang disajikan dalam Mobile GIS ini adalah :
  • Membuat GIS applications : Business, Education, Natural Resources, Mapping and Charting, Geospatial Intelligence, Government, Health Services, Public Safety, Tourism, Transportation.
  • Faetured Articles : Dekstop GIS, Mobile GIS, Server GIS, Developer GIS, SuperGeo Press, and Others.
  • Feature Measurement and Editing Improvmen


2.   2GIS: maps & business listings




Aplikasi ini menyediakan fasilitas mengenai perusahaan yang di cari oleh user serta kontak nomor yang bisa di hubungi, selain itu user bisa menggunakan fitur untuk mencari kota yang diinginkan apakah melewati darat atau melewati laut. Aplikasi ini tidak harus terkoneksi dengan internet, untuk melakukan update informasi bisa dilakukan pada saat dibutuhkannya untuk update saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar