Kamis, 19 April 2012

proposal penulisan ilmiah 'Sistem Informasi Perparkiran yang Dilengkapi oleh Kamera'


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini, perusahaan-perusahaan baik besar ataupun kecil telah berbondong-bondong untuk menggunakan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung proses operasional perusahaan. Keberadaan komputer dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan telah meningkatkan efisiensi tenaga kerja dan waktu.

Sekarang ini masih banyak arena atau lahan parkir yang dikelola secara manual, dengan cara mencatat keluar masuknya kendaraan dan pastinya akan memakan waktu yang cukup lama sehingga tidak efisien. Pada sistem parkir secara manual juga cenderung mengakibatkan banyaknya masalah, dimana bisa terjadinya pungutan biaya parkir yang berlebihan, dan operator parkir ingin mencari keuntungan sebesar-besarnya dimana kurangnya pengawasan operator parkir dengan kendaraan yang sedang diparkir. Kemungkinan lainnya yang dapat terjadi yaitu data yang dicatat pada lembaran kertas tersebut dapat hilang, kotor, ataupun terbakar. Maka untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut penulis akan merancang dan membuat Sistem Informasi Perparkiran yang di Lengkapi dengan Kamera.

1.2. Batasan Masalah
            Dari permasalahan yang telah disebutkan di atas, maka sistem informasi yang dibuat hanya mencakup pencatatan data kendaraan yang keluar masuk area parkir serta perhitungan biaya parkir per jam serta capture image kendaraan dan plat nomer kendaraan dengan menggunakan kamera. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic.Net dan pembuatan serta perancangan database nya menggunakan Microsoft Access 2007.
1.3. Tujuan Penulisan
Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk mengembangkan sistem perparkiran secara manual menjadi komputerisasi yang lebih efektif, efisien, dan akurat agar pemilik kendaraan merasa nyaman parkir di tempat tersebut.
1.4. Metode Penulisan
Untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunaka metode penelitian studi lapangan dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk membuat sistem informasi perparkiran yang dilengkapi dengan kamera.


1.5. Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN
·         Latar belakang masalah
·         Batasan Masalah
·         Tujuan Penulisan
·         Metode Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
·         Berisi teori dasar aplikasi Visual Basic.Net
·         Teori penunjang sistem informasi perparkiran
·         Teori dasar Microsoft Access 2007
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
·         Berisi tentang pembahasan masalah pembuatan Sistem Informasi Perparkiran yang Dilengkapi dengan Kamera.
BAB IV PENUTUP
·         Berisi kesimpulan dan saran-saran.

2 komentar:

  1. kak boleh minta datanya yg lebih detail nggak? kalo boleh, tolong kirimin ke email saya iqbal.naufal@gmail.com

    BalasHapus
  2. kak boleh minta datanya yg lebih detail nggak? kalo boleh, tolong kirimin ke email saya iqbal.naufal@gmail.com

    BalasHapus